Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
OK

Fakta Menarik Masjid Al Mashun yang Menjadi Ikon Kota Medan

Diposkan: 27 Jan 2022 08:05:33 AM Dibaca: 104 kali


MOWIEE - Menjelajahi Medan tentu harus mengunjungi objek wisata ikonik yang ada disana. Salah satu ikon unik Kota Medan adalah Masjid Raya Al-Mashun atau Masjid Raya Medan. Objek wisata religi ini menarik untuk dikunjungi karena memiliki sejarah tinggi dan bangunan yang unik. Tidak heran jika masjid ini seringkali dijadikan pilihan tepat untuk berwisata religi saat berkunjung ke Medan. Dengan keindahan struktur bangunannya, masjid ini wajib untuk anda kunjungi saat pergi ke Medan.

Masjid Al Mashun atau yang disebut juga sebagai Masjid Raya Medan, merupakan masjid tertua yang ada di Medan. Masjid yang berlokasi di Jl Sisingamangaraja, dan hanya berjarak 200 meter dari Istana Maimun memiliki nilai sejarah yang patut dipelajari. Masjid Al Mashun merupakan salah satu bangunan bersejarah di Kota Medan dan memiliki fakta-fakta menarik, seperti:

Masjid Bersejarah di Medan

Masjid Al Mashun atau Masjid Raya Medan merupakan masjid peninggalan Kesultanan Deli. Masjid ini telah dibangun pada masa pemerintahan sultan Ma’mun Al Rasyid Perkasa Alamsyah dan telah menjadi kebanggaan masyarakat Medan. Masjid Al Mashun telah berdiri sejak tahun 1909 M ini masih berdiri kokoh hingga sekarang dan menjadi banguan masjid tertua di Medan. Masjid Al Mashun merupakan warisan budaya dengan gaya bangunan yang unik dari akulturasi kebudayaan Melayu, Eropa dan Islam.

Dirancang Oleh Arsitek Belanda

Pada awalnya bangunan Masjid Raya Al Mashun dirancang oleh seorang arsitek Belanda yang bernama Van Erp. Yang mana juga merupakan perancang bangunan Istana Maimun yang berjarak 200 meter dari masjid ini. Namun, proses pembangunan masjid dikerjakan oleh JA Tingdeman yang juga merupakan arsitek berkebangsaan Belanda. Hal ini dikarenakan Van Erp dipanggil ke pulau Jawa oleh pemerintah Hindia Belanda kala itu. Yaitu untuk bergabung dalam proses restorasi Candi Borobudur yang ada di Jawa Tengah.

Arsitektur Masjid Raya Al Mashun yang Unik

Arsitektur Masjid Raya Al Mashun atau Masjid Raya Medan memiliki ciri khas yang unik. Arsitektur bangunannya merupakan hasil akulturasi dari corak bangunan yang khas dari beberapa negara. Akulturasi corak bangunan berbagai Negara tersebut membuat masjid ini memiliki ciri khas bangunan tersendiri.

Baca Juga: Simak Tips Berikut Agar Momen Liburan Bersama Kelurga Menyenangkan

Rancangan arsitek masjid ini menggunakan denah simetris segi delapan yang berkonsep unik. Dimana konstruksinya dihasilkan dari proses akulturasi budaya bercorak Eropa, Maroko, Melayu dan Timur Tengah. Dengan denah persegi delapan, menghasilkan ruang bagian dalam yang unik. Pada ke empat penjuru masjidnya terdapat beranda lengkap dengan atap tinggi berkubah yang melengkapi kubah utama masjid.

Bahan Konstruksi yang Berasal dari Luar Negeri

Proses pembangun Masjid Raya Al Mashun menggunakan bahan yang berasal dari luar negeri. Dimana banyak dekorasi untuk masjid yang diimpor langsung dari mancanegara. Seperti diantaranya marmer dari Italia, kaca patri yang berasal dari Tiongkok, dan lampu gantung dari Prancis. Material yang diimpor dari mancanegara tersebut dapat menguatkan nuansa akulturasi budaya yang tercermin pada masjid ini. 

Selain fakta-fakta menarik tersebut di atas, Masjid Al Mashun sebagai kebanggaan masyarakat Medan sangatlah ikonik. Tidak hanya memiliki bangunan yang megah,  masjid ini juga memiliki keunikan dan kelebihan lainnya. Bangunan masjid ini berdiri dengan megah dan elegan diatas tanah seluas 13.200 meter persegi dengan luas bangunan mencapai 5.000 meter persegi. Bangunan masjid ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas lengkap yang menunjang kenyamanan anda selama beribadah di sana. Saat berkunjung ke Medan, sempatkanlah untuk mengunjungi Masjid Al Mashun yang menjadi ikon Medan.

Dapatkan pengalaman menarik dalam berwisata bersama Mobil Wisata Edukasi Entrepreneurship (Mowiee). Bersama Mowiee Anda akan diajak menjelajahi Kota Medan menikmati Panorama, budaya sejarah, mengunjungi sentra usaha home industry serta Education Entrepreneurship Center. Anda tertarik? Hubungi kami sekarang juga dan jangan lewatkan kesempatan terbaik bersama Mowiee.


Tags