Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
OK

Hal Menarik Tentang Masjid Raya Medan Al Mashun

Diposkan: 31 Oct 2021 13:05:03 PM Dibaca: 38 kali


MOWIEE - Berwisata memang menjadi salah satu cara untuk menghabiskan waktu liburan. Berwisata tidak hanya dilakukan dengan mengunjungi objek wisata tertentu. Wisata religi bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga. Tidak hanya memberikan pengalaman menarik sekaligus menyenangkan. Anda juga bisa memperdalam pengetahuan tentang ilmu agama. Sebagai kota besar di Provinsi Medan, Medan menghadirkan wisata religi di Masjid Raya Medan.

Pemandangan serta panorama yang indah bisa terlihat di Masjid Raya Medan. Selain memiliki gaya arsitek bangunan yang unik, bangunan ini juga memiliki daya tarik untuk para wisatawan. Sebagai Masjid raya Medan, masjid ini selalu dipenuhi jamaah maupun wisatawan yang berkunjung untuk beribadah. Bahkan, Masjid Raya Medan menjadi salah satu ikon yang ikonik untuk kota Medan. Masjid Raya Medan dikenal juga sebagai Masjid Al Mashun, yang mana menjadi bukti penting dari eksistensi Kesultanan Deli.

Masjid Raya Medan atau Masjid Al Mashun, memiliki daya tarik tersendiri yang mampu memikat para wisatawan. Bahkan, tidak hanya wisatawan lokal saja yang datang berkunjung, ada pula wisatawan dari luar kota hingga mancanegara. Sebagai salah satu ikon kota Medan, Masjid Raya Al Mashun ini memiliki berbagai hal menarik yang meliputinya, seperti:

1.Masjid Raya Al Mashun telah berusia lebih dari satu abad

Proses pembangunan Masjid Raya Medan atau Masjid Al Mashun dimulai pada tahun 1906. Dimana perancang bangunannya berasal dari Belanda bernama Van Erp. Namun, proses pembangunannya diteruskan oleh J.A Tingdeman. Dan membutuhkan waktu untuk pembangunan selama tiga tahun, dan akhirnya selesai pada tahun 1909. Masjid Al Mashun dibangun dengan pengaruh gaya arsitektur khas India, Spanyol dan Timur Tengah dengan rancangan bangunan berbentuk segi delapan. Masjid ini menjadi bukti sejarah kesohoran Kesultanan Deli di masa kejayaannya.

2.Masjid dibangun dengan material impor

Hal menarik dari bangunan Masjid Al Mashun yaitu sebagian bahan bangunannya diimpor langsung dari luar negeri. Seperti material marmer yang digunakan untuk dekorasi yang diimpor langsung dari Italia dan Jerman. Kemudian material kaca patri yang diimpor langsung dari Cina. Dan lampu gantung yang indah yang didatangkan langsung dari Prancis. Arsitek bangunan Masjid Al Mashun, merancang desain masjid dengan denah simetris segi delapan dalam corak bangunan unik dari campuran berbagai budaya. Yakni corak budaya dari Maroko, Eropa, Melayu dan Timur Tengah.

Baca Juga: Tjong A Fie Cagar Budaya Kota Medan yang Wajib Dikunjungi

Bangunan Masjid Al Mashun menjadi bangunan bersejarah yang megah, unik dan menarik. Tidak seperti bangunan masjid pada umumnya, Masjid Al Mashun memiliki nilai eksotisme tersendiri. Dimana keindahan bangunan masjid ini semakin bertambah dengan empat beranda di setiap penjurunya. Yang mana dilengkapi dengan beranda beratap kubah hitam yang melengkapi kubah utama yang berukuran paling besar. Bangunan masjid ini terbagi menjadi ruang utama, tempat wudhu, gerbang masuk dan menara.

3.Masjid punya jendela kaca patri dari Art Nouveau

Jendela-jendela yang menghiasi bangunan Masjid Raya Al Mashun merupakan kaca-kaca patri yang sangat berharga. Yang mana merupakan sisa peninggalan Art Nouveau pada periode 1890-1914. Art Nouveau sendiri merupakan aliran seni rupa yang populer di prancis pada abad ke-19. Dimana pada setiap dinding masjid ini dihiasi dengan ornamen bergambar bunga dan tumbuhan lainnya yang indah dan cantik.

4.Sarat dengan bangunan kerajaan Islam abad pertengahan

Bentuk bangunan Masjid Raya Al Mashun akan mengingatkan pada desain bangunan kerajaan-kerajaan Islam pada Abad Pertengahan. Dimana kubah masjid mengikuti model Turki, dengan bentuk yang patah-patah bersegi delapan. Kubah utama masjid dikelilingi dengan empat kubah lain yang ada di atas masing-masing beranda. Bentuk kubah masjid ini akan mengingatkan pada bangunan Masjid Raya Banda Aceh. Masjid Raya Al Mashun memiliki delapan pilar utama yang menyangga masjid dengan kokoh. Gerbang masjid memiliki bentuk bujur sangkar yang beratap datar. Sedangkan untuk menara masjid ini dihiasi oleh paduan desain bergaya Mesir, Iran dan Arab. 

Dapatkan pengalaman menarik dalam berwisata bersama Mobil Wisata Edukasi Entrepreneurship (Mowiee). Bersama Mowiee Anda akan diajak menjelajahi Kota Medan menikmati Panorama, budaya sejarah, mengunjungi sentra usaha home industry serta Education Entrepreneurship Center. Anda tertarik? Hubungi kami sekarang juga dan jangan lewatkan kesempatan terbaik bersama Mowiee.


Tags