Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
OK

Kenali Sejarah Medan dari Tugu dan Monumen Guru Patimpus

Diposkan: 15 Jan 2022 20:48:38 PM Dibaca: 134 kali


MOWIEE - Ketika berkunjung ke Medan tentu anda harus mengenal sosok Guru Patimpus. Sebagai tokoh pendiri kota Medan, mama Guru Patimpus terkenal sebagai seorang guru dan ulama yang berpengaruh. Beliau lahir di Taneh Karo Simalem, yang berada di dekat Gunung Sibayak. Dalam bahasa Karo, Guru berarti seorang yang berilmu. Beliau merupakan sosok penuh wibawa, gagah dan patriotis. Anda bisa mengenal sosok Guru Patimpus dan kisah sejarahnya melalui tugu atau monumen Guru Patimpus.

Guru Patimpus merupakan sosok dan tokoh besar yang mendirikan kota Medan. Sewaktu masih muda, Guru Patimpus belajar dan berguru pada seorang Guru dan Ulama Besar yang terkenal pada masa itu. Kemudian beliau mendirikan sebuah kampung yang berada di hulu dua buah sungai. Yaitu di hulu Sungai Deli dan Sungai Bubura, yang kemudian diberi nama dengan Medan. Dalam bahasa Karo, arti kata Medan memiliki arti sembuh dan baik. Inilah cikal bakal dari kota Medan, dan silsilah dari Kesultanan Deli, Sumatera Utara.

Pada zaman dulu, di wilayah hulu Sungai Deli dan Bubura banyak orang sakit. Sosok Guru Patimpus sendiri telah berjasa dan banyak mengobati orang sakit yang ada disana. Tidak heran jika masyarakat di sekitar dua hulu sungai tersebut sangat menghormati sosok Guru Patimpus. Apalagi beliau merupakan sosok yang memiliki kesaktian dan bisa menyembuhkan penyakit yang dialami oleh warga sekitar. Karena jasa-jasanya, Pemerintah Kota Medan membuat sebuah tugu atau monumen dari sosok Guru Patimpus. Dimana tugu atau monumen Guru Patimpus tersebut terletak di Jalan Gatot Subroto, Medan.

Guru Patimpus lahir di Ajijahe salah satu kampung yang berada di Taneh Karo Simalem. Sebuah kampung yang sejuk, dingin, nyaman dengan angin pegunungan yang sejuk. Beliau menikah di Batu Karang dengan beru Bangun, dan mendirikan kampung di Perbaji. Guru Patimpus merupakan sosok yang bertubuh kekar, tinggi, gagah, dan memiliki jiwa patriotik layaknya seorang panglima. Beliau juga merupakan sosok Guru, seorang yang ahli dalam berbagai ilmu pengetahuan. Serta ilmu obat-obatan, ilmu gaib, dan memiliki kesaktian tinggi. Guru Patimpus juga merupakan sosok yang berjiwa lemah lembut dalam bertutur kata dan penuh kemanusiaan. Beliau juga merupakan sosok yang simpatik, penuh wibawa, berjiwa besar dan pemberani.

Baca Juga: Tjong A Fie Mansion Bangunan Kuno Bersejarah di Medan yang Wajib Dikunjungi

Jasa Guru Patimpus dalam kemajuan kota Medan menjadi teladan bagi masyarakat Medan. Guru Patimpus merupakan bagian dari kisah sejarah kota Medan. Semangat perjuangan dan patriotis yang dimiliki oleh Guru Patimpus patut untuk diteladani. Makam Guru Patimpus terletak di kawasan Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumatera Utara.  Untuk mengenang sejarah perjuangan Guru Patimpus, sempatkanlah diri anda untuk mengunjungi tugu atau monumen Guru Patimpus. Sebagai sosok pahlawan yang paling berjasa di kota Medan. Selain berkunjung di tugu dan monumen Guru Patimpus, anda juga bisa mengunjungi destinasi wisata sejarah di Medan lainnya.

Ada banyak destinasi wisata sejarah menarik yang bisa dikunjungi di Medan selain tugu dan monumen Guru Patimpus yang monumental. Seperti Istana Maimun yang menyimpan kisah sejarah kejayaan dari kesultanan Deli. Ada pula Masjid Raya Al Mashun yang megah sebagai masjid kesultanan Deli. Selanjutnya, Tjong A Fie Mansion yang memiliki nilai sejarah dan budaya Tionghoa yang ada di Medan. Serta bangunan-bangunan kuno bersejarah lainnya yang memiliki daya tariknya tersendiri. Anda bisa menikmati perjalanan wisata menyenangkan dengan paket wisata.

Dapatkan pengalaman menarik dalam berwisata bersama Mobil Wisata Edukasi Entrepreneurship (Mowiee). Bersama Mowiee Anda akan diajak menjelajahi Kota Medan menikmati Panorama, budaya sejarah, mengunjungi sentra usaha home industry serta Education Entrepreneurship Center. Anda tertarik? Hubungi kami sekarang juga dan jangan lewatkan kesempatan terbaik bersama Mowiee.


Tags