Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
OK

Ketahui Sejarah Dibalik Nama Bika Ambon yang Berasal dari Medan

Diposkan: 07 Nov 2021 07:46:43 AM Dibaca: 30 kali


MOWIEE - Siapa yang tidak kenal dengan Bika Ambon? Kue yang satu ini memang terkenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Medan. Mungkin pertanyaan pertama yang akan muncul saat seseorang mendengar nama kue Bika Ambon adalh mengapa nama dan juga asal makanan tersebut sangat berbeda.  Meskipun terdapat nama Ambon, tapi ternyata kue yang satu ini tidak berasal dari Ambon, tapi justru makanan manis ini berasal dari Medan, Sumatera Utara. Ya Bika Ambon memang terkenal sebagai makanan nusantara sebagai kuliner khas Medan, Sumatera Utara.

Bagaimana Tekstur Bika Ambon?

Kue manis yang satu ini mempunyai ciri khas dengan warnanya yang kuning serta mempunyai rongga-rongga pada bagian dalamnya. Dengan citarasa serta aroma yang khas, tentu siapaun yang mencobanya akan ketagihan untuk menyantapnya.

Apa Cerita Sejarah yang Ada di Balik Nama Bika Ambon?

Sebenarnya, tidak terdapat informasi yang pasti mengenai sejarah di balik penamaan Bika Ambon. Terdapat banyak versi cerita tentang asal mula Bika Ambon.

Dari buku Bunga Angin Portugis di Nusantara karya Paramita R Abdurrahman, tentang Jejak-jejak Kebudayaan Portugis di Nusantara (2008), dijelaskan bahwa salah satu peninggalan Portugis di Maluku adalah tradisi kuliner dan salah satunya adalah kue Bika. Tapi sayang tidak ditemukan penjelasan mengenai bagaimana kue tersebut dibawa maupun diperkenalkan oleh orang Ambon ke Kota Medan.

Kemudian, terdapat pula cerita lain yang menyatakan bahwa dulu seorang warga Ambon merantau ke Medan dengan membawa kue bika. Kemudian orang tersebut tidak kembali ke Ambon, melainkan tetap berada di Medan.

Baca Juga: Berkunjung Ke Kota Medan? Jangan Lupa Bawa Oleh-Oleh Khas Medan Paling Populer Berikut Ini

Disamping itu, terdapat kisah lain yang mengatakan bahwa dulu ada seorang penjual kue Bika pertama kali yang menualnya di simpang Jalan Ambon. Kue Bika yang di Jalan Ambon memang begitu populer dan juga tidak diragukan lagi kelezatannya. Hal tersebutlah yang membuat orang-orang menyebutnya dengan nama Bika Ambon.

Kue Bika sendiri adalah salah satu kue khas Melayu yang juga biasa disebut  dengan Bika atau Bingka. Setelah itu, adonan kue Bika telah banyak dimodifikasi dengan menambahkan pengembang dari air Nira maupun tuak Enau supaya memiliki bentuk yang berbeda dari kue Bika khas Melayu tersebut.

Dimana Bisa Membeli Oleh-Oleh Bika Ambon?

Jika Anda ingin mencoba makanan khas Medan yang satu ini, salah satu kawasan yang  terdapat  banyak penjual Bika Ambon adalah kawasan Jalan Majapahit. Sejak tahun 1980-an, kawasan tersebut memang sangat ramai dengan penjual yang menjual Bika Ambon. Bahkan kawasan tersebut menjadi pusat penjualan Bika Ambon di Medan. Di tahun 1970-an, Bika Ambon biasa dihidangkan sebagai kudapan untuk menikmati es krim.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menikmati kuliner khas Medan yang satu ini? Kalau begitu jangan tunda lagi untuk segera mengunjungi Kota Modan. Apabila Anda berkunjung ke Kota Medan dan ingin menikmati liburan disana maka Anda dapat memilih Mowiee sebagai mobil wisata Anda. Mowiee (Mobil Wisata Edukasi Entrepreneurship) merupakan mobil wisata yang akan mengajak Anda mengenal panorama, sejarah dan budaya di Kota Medan. Selain itu, dengan konsep kewirausahaan, Anda akan diajak mengunjungi tempat – tempat wirausaha untuk belajar dan juga praktek langsung disana. Jika Anda tertarik untuk melakukan wisata di Kota Medan, maka Anda bisa menghubungi kontak person Mowiee sekarang juga! 


Tags