Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
OK

Masjid Raya Al Mashun Destinasi Wisata Religi Wajib di Medan

Diposkan: 30 Dec 2021 06:10:37 AM Dibaca: 118 kali


MOWIEE - Bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke Medan, Sumatera Utara, tentu tidak asing dengan Masjid Raya Al-Mashun. Ini menjadi salah satu tujuan wisata religi yang populer untuk dikunjungi saat berada di Medan. Bangunan Masjid Megah di Sumatera Utara ini menjadi ikon unik kota Medan yang menyimpan cerita sejarah. Tidak heran jika Masjid Al-Mashun menjadi tujuan wisata wajib bagi para wisatawan.

Masjid Raya Al-Mashun adalah peninggalan penuh dengan nilai sejarah. Yaitu peninggalan dari seorang Sultan Deli yang bernama Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alam. Masjid yang terletak di Jalan Sisingamangaraja ini merupakan bangunan masjid monumental dan memiliki nilai sejarah tinggi. Pembangunan masjid ini telah memakan waktu selama kurang lebih 3 tahun. Yang mana dimulai dari tanggal 21 Agustus 1906 sampai dengan tanggal 19 September 1909. Masjid Al-Mashun telah menjadi bangunan masjid tertua di Medan dan telah berumur lebih dari 1 abad. Meski termasuk masjid tertua dan bangunan bersejarah, masjid ini masih digunakan oleh umat Muslim untuk beribadah setiap harinya.

Sejarah pendirian dari bangunan tertua Masjid Raya Al-Mashun dimulai pada tahun 1906. Bangunan masjid bersejarah ini dibangun dengan menggunakan anggaran biaya seutuhnya dari sultan. Pada saat itu, Kesultanan Deli dipimpin oleh Sultan Makmun al- Rasyid Perkasa Alamsyah IX. Proses pembangunan masjid ini diperkirakan telah menghabiskan biaya sebesar 1 juta golden. Masjid besar Kesultanan Deli ini dibangun dengan sangat megah dan indah, bahkan lebih megah dari bangunan istananya sendiri. Sultan Makmun al- Rasyid Perkasa Alamsyah berprinsip, bahwa bangunan masjid Kesultanan Deli harus lebih megah dari bangunan istana yang ada.

Masjid raya Al-Mashun menjadi salah satu ikon wisata di Kota Medan. Dimana ada banyak wisatawan muslim yang datang berkunjung ke masjid tersebut dapat ke kota Medan. Masjid raya Al-Mashun telah menjadi kebanggaan dari masyarakat Medan. Keunikan dari bangunan masjid ini terlihat dari gaya bangunan tersebut. Dimana arsitekturnya yang unik masih tetap utuh hingga sekarang dengan bentuk fisik yang asli sejak dibangun dulu. Masjid ini hanya mengalami perubahan sedikit saja pada beberapa bagian bangunannya saja.

Baca Juga: Jangan Lewatkan Istana Maimun Salah Satu Destinasi Wisata Sejarah di Medan

Desain dari bangunan Masjid Raya Al-Mashun dirancang secara khusus oleh seorang arsitek dari Belanda yang bernama J.A. Tingdeman. Arsitekturnya yang terbilang unik dan menarik ini masih berdiri kokoh dengan bangunan yang aslinya hingga sekarang. Masjid ini memiliki bentuk kubah yang sedikit pipih. Kubahnya dilengkapi dengan hiasan bulan sabit pada bagian puncak kubah masjidnya. Hal ini dapat memberikan tanda pada gaya moor yang digunakan di masjid ini. Kubah utama masjid dikelilingi oleh kubah-kubah kecil dengan bentuk yang sama tetapi dengan ukuran yang lebih kecil.

Sebuah menara yang tinggi menjulang memberikan kesan mewah pada bangunan masjid sekaligus kesan religius. Bangunan masjid ini terbagi menjadi bagian gerbang masuk, tempat wudhu dan ruang utama. Ruang utama sendiri merupakan ruang yang digunakan untuk menjalankan ibadah shalat. Bentuknya yang persegi delapan tidak sama sisi, membuat bangunan masjid ini terlihat unik. Pada dinding tumpuan dari kubah utama, terdapat jendela-jendela lebar sehingga membuat ruangan menjadi lebih terang. Pada ruang utama terdapat kolom-kolom yang berbentuk silindris, dan menyangga plengkung yang berhiaskan Moorish dan Arabesque. Masjid raya Al-Mashun menjadi destinasi wisata religi wajib saat berada di Medan.

Dapatkan pengalaman menarik dalam berwisata bersama Mobil Wisata Edukasi Entrepreneurship (Mowiee). Bersama Mowiee Anda akan diajak menjelajahi Kota Medan menikmati Panorama, budaya sejarah, mengunjungi sentra usaha home industry serta Education Entrepreneurship Center. Anda tertarik? Hubungi kami sekarang juga dan jangan lewatkan kesempatan terbaik bersama Mowiee.


Tags