Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
OK

Memilih Wisata Edukasi yang Tepat untuk Anak Sekolah

Diposkan: 12 Jan 2022 19:34:46 PM Dibaca: 154 kali


MOWIEE - Wisata pendidikan atau yang biasa disebut dengan wisata edukasi adalah suatu program yang menggabungkan antara kegiatan wisata dengan belajar. Kegiatan yang satu ini memang sudah sering dilakukan oleh sekolah, baik dari tingkat sekolah dasar sampai pendidikan tingkat menengah.

Kini, kita bisa dengan mudah menemukan banyak sekali tempat wisata edukasi di Indonesia. Baik itu yang bertema budaya, alam, sejarah, sampai yang dapat menumbuhkan minat dan kreatifitas anak dalam dunia wiraysaha. Lalu bagaimana cara menentukan tempat wisata edukasi yang seru, menyenangkan sekaligus bisa menambah wawasan? Yuk simak beberapa tips berikut ini:

1. Menentukan Kebutuhan Berwisata

Saat akan melakukan wisata edukasi, hal utama yang perlu dilakukan adalah menentukan tema dan tujuan wisata. Apa saja yang ingin dipelajari? Kemudian apa yang ingin diperoleh setelah melakukan wisata edukasi? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini penting untuk diperhatikan supaya mempermudah kita dalam menentukan destinasi wisata edukasi sesuai dengan keinginan.

2. Survei Standar Keamanan Dan Kebersihan

Anda bisa memilih lokasi yang selalu menerapkan standar keamanan sesuai range umur anak ataupun siswa. Tidak harus berkunjung langsung ke tempat wisata, kini survey juga bisa dengan mudah dilakukan via internet dengan mencari tahu informasi seputar destinasi wisata yang akan dituju.

Selain memastikan keamanan, tingkat kebersihan dari tempat wisata yang akan dikunjungi juga menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Apakah ditempat wisata tersebut merupakan lingkungan wisata yang selalu terjaga kebersihannya.

3. Menanyakan dan Survei Kesiapan Lokasi

Anda bisa menanyakan dan melakukan survei kesiapan lokasi untuk bisa menerima peserta wisata dalam jumlah yang cukup banyak. Apakah terdapat lapangan ataupun tempat titik kumpul untuk para peserta wisata? Apakah terdapat kendaraan aman yang siap dipilih sebagai armada wisata? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini perlu mendapatkan jawaban terlebih dahulu dengan cara Anda melakukan survei melalui internet, jika tidak memungkinkan untuk datang ke lokasi secara langsung.

Baca Juga: Tempat Wisata Kuliner Berikut Wajib Anda Kunjungi Saat Berlibur di Medan

4. Dapat Diajak Bekerja Sama

Menjalin hubungan yang baik dengan jasa transportasi wisata dan pengelola tempat wisata menjadi salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan. Meskipun hal tersebut terlihat subjektif, hubungan yang baik dengan pengelola tempat wisata bisa mempermudah proses kerja sama saat nantinya melakukan wisata disana.

5. Selalu Menerapkan Protokol Kesehatan

Kini, protokol kesehatan memang menjadi hal wajib yang harus diterapkan kapanpun dan di mana pun kita berada. Anda bisa memilih tempat wisata yang disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, misalnya melakukan pengecekan suhu sebelum masuk, kemudian mewajibkan penggunaan masker, serta ketersediaan tempat cuci tangan yang memadai untuk pengunjung.

Menentukan tempat wisata untuk anak sekolah yang baik dan tepat memang bisa dibilang sedikit rumit. Tapi kini, kegiatan wisata dapat dilakukan lebih mudah dengan kehadiran Mowiee. Mowiee (Mobil Wisata Edukasi Entrepreneurship) menjadi alat transportasi yang bisa Anda gunakan jika Anda ingin melakukan wisata edukasi di Kota Medan. Wisatawan akan diaja berkunjung ke tempat bersejarah, tempat kuliner dan juga sentra industri untuk mendapatkan motivasi dan edukasi dalam berwirausaha.

Untuk anak sekolah, Mowiee menawarkan perjalanan spesial. Di antaranya, mereka akan diajak berkunjung peternakan ayam kalkun, tempat pertanian perkotaan, kemudian ke industri rumahan, dan juga ke tempat percetakan. Di tempat tersebut, anak-anak sekolah akan diajak belajar mengenai bagaimana cara membuat pin, mug, kaos, dan merchandise, dan mereka bisa praktek secara langsung. Jika tertarik, Anda bisa menghubungi kontak person kami!


Tags