Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
OK

Mengenal Masjid Al Mashun yang Menjadi Landmark Medan

Diposkan: 10 Jan 2022 07:57:21 AM Dibaca: 89 kali


MOWIEE - Kota Medan menghadirkan banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi selama liburan. Sebagai kota terbesar ketiga di Indonesia, medan memiliki daya tarik bagi wisatawan. Selain memiliki banyak destinasi wisata, medan juga memiliki bangunan-bangunan bersejarah yang telah ada sejak ratusan tahun lalu. Salah satunya yaitu Masjid Raya Al Mashun atau yang juga dikenal dengan nama Masjid Raya Medan. Masjid yang berada di Jalan Sisingamangaraja ini adalah salah satu ikon unik yang dimiliki Medan.

Masjid Raya Al Mashun menjadi ikon kota Medan selain Istana Maimun. Bangunan masjid ini merupakan peninggalan yang sangat monumental dari Sultan Kesultanan Deli, Sumatera Utara. Tidak hanya menjadi bangunan yang monumental, Masjid Al Mashun juga memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Masjid yang telah berdiri sejak ratusan tahun lalu ini masih berdiri kokoh hingga kini dan menjadi destinasi wisata religi bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Medan. Apalagi saat bulan Ramadhan tiba, masjid ini seakan tidak pernah sepi dari pengunjung yang hendak menjalankan ibadah.

Sebagai obyek wisata, Masjid Al Mashun memiliki lokasi yang strategis. Yaitu berada di Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara. Masjid yang juga dikenal sebagai Masjid Raya Medan adalah peninggalan Ma'moen Al Rasyid Perkasa Alam dengan nilai sejarah yang tinggi. Masjid ini telah berdiri pada tahun 1906 dan menjadi salah satu bangunan tertua yang ada di Medan. Tidak heran jika Masjid Al Mashun menjadi landmark dari kota Medan. Bangunan masjid yang megah dan indah dengan arsitekturnya yang khas, membuat masjid ini memiliki keunikan tersendiri.

Masjid Al Mashun memiliki bentuk bangunan berupa persegi delapan. Bangunan masjid dilengkapi dengan empat serambi paling utama. Serambi tersebut berada di bagian depan, belakang serta pada samping kanan dan kiri. Dimana keempat serambi tersebut berfungsi sebagai pintu masuk menuju ke dalam masjid. Kemudian pada bagian dalam, terdapat delapan pilar yang berdiameter 0,60 m. Pilar-pilar tersebut menyokong kubah paling utama yang berada pada bagian tengah masjid. Terdapat juga dua menara yang berada pada bagian samping kiri dan kanan, serta pada sisi belakang masjid.

Baca Juga: Bangunan Bersejarah Paling Ikonik di Kota Medan yang Wajib Anda Kunjungi

Masjid Al Mashun tidak hanya menjadi masjid tertua di Kota Medan, tapi juga dikenal sebagai landmark dari Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara. Bahkan kepopulerannya telah menyebar ke berbagai penjuru daerah. Masjid Al Mashun merupakan Masjid Negara pada zaman Kesultanan Melayu Deli. Dimana pada saat itu, seluruh proses pembangunan termasuk biayanya ditanggung oleh Sultan Ma'moen Al-Rasyid Perkasa Alam IX. Yang mana merupakan sultan dari Kesultanan Deli ketika itu.

Masjid Al Mashun sebagai landmark Medan memiliki arsitektur yang megah dan unik. Kemewahan masjidnya tidak hanya terlihat dari besarnya gedung dan luas tanahnya saja. Akan tetapi juga terlihat dari interior serta perabotan yang ada di dalam masjid. Arsitekturnya sendiri mengusung perpaduan konsep gaya Turki, Arab, Eropa, dan India yang berpadu satu menciptakan kesan unik dan menarik. Masjid yang didesain oleh seorang arsitek asal Belanda JA Tingdeman, menjadi bangunan megah dan mewah. Selain itu, material yang digunakan untuk membangun masjid merupakan material berkualitas.

Saat berkunjung ke Medan, belum lengkap rasanya jika tidak singgah di Masjid Al Mashun. Masjid yang masih berada satu wilayah dengan Istana Maimun menjadi simbol kejayaan Kesultanan Deli pada masa lampau. Meski telah berusia ratusan tahun, bangunan masjid masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik. Tidak heran jika banyak masyarakat lokal maupun luar kota yang singgah ke masjid ini untuk beribadah atau sekedar mengagumi keindahannya.

Dapatkan pengalaman menarik dalam berwisata bersama Mobil Wisata Edukasi Entrepreneurship (Mowiee). Bersama Mowiee Anda akan diajak menjelajahi Kota Medan menikmati Panorama, budaya sejarah, mengunjungi sentra usaha home industry serta Education Entrepreneurship Center. Anda tertarik? Hubungi kami sekarang juga dan jangan lewatkan kesempatan terbaik bersama Mowiee.


Tags