Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
OK

Serunya Wisata Religi Sambil Belajar Wirausaha Bersama Mowiee

Diposkan: 24 Jan 2022 16:15:34 PM Dibaca: 108 kali


MOWIEE - Kota Medan menjadi salah satu kota multikultural yang ramah untuk beragam etnik dan juga agama. Kerukunan umat beragama di kota ini pun juga terjaga dengan sangat harmonis. Di Medan sendiri terdapat banyak bangunan rumah ibadah dari berbagai agama yang dijadikan sebagai objek kunjungan wisata karena sejarahnya. Tidak jarang pula tempat – tempat tersebut dikunjungi oleh para pengunjung dari agama berbeda.

Sesekali selain melakukan wisata alam, melakukan wisata religi di Medan juga menjadi hal yng asik dan menarik apalagi jika dilakukan bersama Mowiee (Mobil Wisata Edukasi Entrepreneurship). Salah satu destinasi wisata religi dan sejarah yang bisa Anda kunjungi bersama Mowiee adalah Masjid Raya Al-Mashun atau yang dikenal dengan sebutan Masjid Raya Medan.

Masjid Raya Medan adalah saksi sejarah Kaum Melayu Deli yang dulunya menjadi penguasa dari Kesultanan Deli. Masjid megah yang satu ini memang dikenal sebagai salah satu bangunan yang menjadi ikon dari Ibukota Sumatera Utara ini. Pada tahun 1906 dalam pembanguannya, Masjid ini diprakarsai oleh Sultan Makmun Al-Rasyid.  Sultan Ma'mun memang sengaja membangun masjid kerajaan dengan sangat megah, sebab menurut prinsipnya hal tersebut lebih utama jika dibandingkan dengan kemegahan istananya sendiri, Istana Maimun.

Anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunan masjid ini juga tidak sedikit, dimasa itu anggaran yang dihabiskan bahkan mencapai 1 juta Gulden. Total pembangunan masjid tersebut disebut-sebut ditanggung oleh Sultan Ma'mun. Tapi, konon Tjong A Fie, salah satu tokoh kota Medan dari etnis Tionghoa di masa itu juga turut berkontribusi dalam pendanaan pembangunan Masjid tersebut.

Masjid dengan desain arsitektur unik ini memang sangat menarik perhatian wisatawan. Arsitekturnya menggunakan perpaduan antara gaya India, Spanyol dan juga Timur Tengah. Pada bagian beranda dan juga jendela modelnya berbentuk lengkungan yang merupakam adopsi dari desain bangunan Kerajaan Isam di Spanyol abad pertengahan. Sedangkan untuk bagian kubah masjid itu sendiri berbentuk patah-patah dan bersegi delapan yang diadopsi dari gaya Turki.

Baca Juga: Fakta Unik Kota Medan yang Jarang Diketahui

Masjid ini dibuat dengan ukuran bangunan yang luas, sehingga dapat menampung sampai 1.500 jamaah. Selain itu, tidak jauh dari lokasi Masjid terdapat Istana Maimun yang dapat Anda kunjungi dengan berjalan kaki. Hingga kini, Masjid Raya Medan tetap terjaga  keaslian bangunannya dan ditetapkan sebagai salah satu warisan cagar budaya. Tempat yang satu ini memang cocok bagi Anda yang tertarik untuk belajar sejarah, Anda bisa mengali lebih dalam mengenai sejarah masjid ini.

Bagi Anda yang berencana untuk melakukan wisata ke Medan, jangan lewatkan untuk berkunjung ke Masjid Raya Medan bersama Mowiee.  Bersama Mowiee, bukan hanya wisata sejarah dan religi, namun Anda juga bisa belajar dan mendapatkan motivasi dalam berwirausaha melalui rangkaian program Mowiee berikut ini:

  1. City Tour: Wisata Anda berkeliling kota Medan akan semakin menyenangkan dengan armada yang nyaman, aman dan juga bersih yang telah sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas.
  2. Visit Heritage: Bersama Mowiee, wisatawan akan diajaka melakukan wisata religi, wisata budaya, wisata kuliner dan masih banyak tempat lainnya.
  3. Education: Bersama Mowiee, para wisatawan akan memperolah edukasi dalam berwirausaha.
  4. Entrepreneurship: Para wisatawan akan memperoleh pengetahuan tentang Entrepreneurship, dimana mereka juga dapat praktek secara langsung.

Bagaimana apakah Anda semakin terpacu untuk berlibur ke Kota Medan bersama Mowiee, maka Anda bisa menghubungi kontak person Mowiee sekarang juga! 


Tags