Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
OK

Al-Quran Tertua di Kota Medan yang Didalam Masjid Raya Al- Mashun

Diposkan: 04 Jan 2022 20:19:09 PM Dibaca: 160 kali


MOWIEE - Kota Medan memang mempunyai banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi ketika bulan Ramadan. Masjid Raya Medan atau yang biasa disebut dengan Masjid Raya Al- Mashun menjadi salah satu destinasi yang paling populer. Masjid Raya Medan ini ada di Jalan Sisingamangaraja, Medan, Sumatera Utara.

Bangunan masjid yang sangat monumental ini adalah peninggalan seorang Sultan Deli di Sumatera Utara, yang hingga kini masih berdiri kokoh. Masjid ini tetap digunakan sebagai tempat beribadah untuk umat Islam di Kota Medan dan menjadi pusat kegiatan umat Islam di sana, Masjid yang menjadi kebanggaan warga Kota Medan ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Salah satunya adalah terdapat Al-Quran yang sudah berusia sangat tua.

Al-Quran Tertua Kota Medan di Masjid Raya Medan

Di Masjid Raya Medan ini terdapat 3 Al-Quran yang sudah berusia ratusan tahun. Tiga Al Quran tersebut diketahui sebagai Al-Quran tertua yang ada di Kota Medan. Satu dari tiga Al Quran tersebut, masih utuh dan terdapat di dalam ruangan Masjid Raya Al Mashun Medan. Al- Quran tersebut diletakkan dalam rak besar yang menggunakan penutup kaca. Konon diketahui Al Quran tersebut diduga telah berusia ratusan tahun, serta usianya lebih tua dibandingkan dengan Masjid Raya Al Mashun itu sendiri.

Al Quran yang sudah berusia ratusan tahun tersebut terbuat dari bahan kertas kulit kayu dan juga ditulis menggunakan ditulis tangan. Apabila tulisan Al Quran diperhatikan dari jarak dekat, pengunjung dapat memastikan sendiri bahwa Al Quran tersebut ditulis dengan tulisan tangan atau tidak.

Tapi, para pengunjung tidak dapat memegangnya, sebab memang pihak Badan Kemakmuran Masjid tidak memberikan izin untuk hal tersebut. Hal ini dilakukan sebab takut jika Al-Quran mengalami kerusakan, seperti yang dialami dua Al Quran dari tiga Al Quran tertua tersebut.

Dulu, ketiga Al Quran tertua tersebut dapat disentuh dan juga dipergunakan. Tapi, karena terjadi kerusakan pada dua Al Quran tersebut, maka pihak Masjid mengamankan satu Al-Quran yang tidak mengalami kerusakan dengan meletakkannya didalam rak besar tersebut. Satu diantara Al Quran tersebut masih dalam keadaan dan bacaannya yang juga masih jelas.

Baca Juga: Kisah Dibalik Meriam yang Berusia Lebih dari 4 Abad yang Terletak di Istana Maimun, Medan

Namun, hingga kini belum diketahui secara pasti mengenai asal usul Al Quran tertua tersebut. Karena, belum ada pihak yang dapat menerjemahkan bahasa mukadimah yang ada didalam Al Quran tersebut. Menurut kabar yang beredar, bahasa yang ada didalam Al Quran tersebut adalah bahasa Urdu dan Parsi. Oleh sebab itu, jika ada arkeologi ataupun peneliti yang ingin menerjemahkan, dipersilakan datang oleh pihak Masjid. Namun, jika sudah diterjemahkan, hasil terjemahannya  bisa diberikan kepada pihak Masjid, supaya nantinya informasi yang jelas tentang Al Quran tersebut bisa disampaikan ke masyarakat luas yang berkunjung ke Masjid Raya Al Mashun.

Apabila Anda penasaran dengan Al Quran tertua di Kota Medan ini, Anda bisa segera berkunjung ke Masjid Raya Al Mashun Medan. Al Quran tersebut berada di sebelah kanan pintu masuk ruangan Masjid Raya Al Mashun.

Jika Anda semakin terpacu untuk berwisata ke Kota Medan, maka Mowiee (Mobil Wisata Edukasi Entrepreneurship) bisa menjadi pilihan mobil wisata yang tepat. Mobil wisata ini hadir dengan konsep kewirausahaan. Terdapat berbagai tempat bersejarah di Kota Medan yang dapat Anda kunjungi. Dengan armada yang nyaman dan bersih dan didampingi tour guide yang ramah dan komunikatif, tentu perjalanan Anda akan semakin menyenangkan. Hal yang paling menarik dari perjalanan Anda bersama Mowiee adalah Anda akan mendapatkan motivasi dan edukasi dalam berwirausaha dengan berkunjung ke home industry dan education entrepreneurship center di Kota Medan. Jika Anda tertarik untuk melakukan wisata bersama Mowiee, Anda dapat menghubungi kontak person kami!


Tags