Produk Sudah Dimasukkan Trolley Belanja
OK

Ketahui Hal Menarik Terkait Istana Maimun untuk Dipelajari

Diposkan: 28 Jan 2022 09:15:50 AM Dibaca: 109 kali


MOWIEE - Medan dikenal dengan keberagaman budayanya dan objek wisata menarik yang ada disana. Salah satunya yaitu Istana Maimun, sebuah bangunan istana megah yang menyimpan sejarah dan menjadi ikonnya kota Medan. Istana ini merupakan saksi bisu dan saksi sejarah dari masa kejayaan Kesultanan Deli pada masa lampau. Dengan arsitektur bangunan yang unik, Istana Maimun menjadi objek wisata yang wajib dikunjungi. Disana anda tidak hanya bisa mengagumi keindahan bangunan istananya saja, tapi juga mengenal sejarah dan mempelajari nilai budayanya.

Pembangunan Istana Maimun ini telah dilakukan pada tahun 1887 silam. Pembangunan istana ini menjadi bukti konkret dari keputusan Sultan Deli untuk memindahkan ibu kota dari Kota Labuhan ke Medan. Berbeda dengan bangunan istana yang ada di Pulau Jawa, di istana ini anda tidak akan menemukan penjaga yang berpakaian tradisional dan melakukan pengawalan. Begitu memasuki bangunan istana, anda akan disambut oleh aluanan musik khas Melayu. Alunan musik khas Melayu tersebut dimainkan secara langsung oleh para pemusik yang akan mengiringi perjalanan wisata anda.

Sebagai saksi sejarah yang mencerminkan kejayaan Kesultanan Deli di masnaya, Istana Maimun memiliki hal menarik untuk dipelajari. Berbagai hal menarik seputar Istana Maimun yang bisa anda pelajari yaitu:

Asal Muasal Nama Maimun

Terdapat dua versi cerita terkait dengan asal muasal nama Maimun. Versi yang pertama yaitu nama Maimun berasal dari nama istri Sultan Makmun, yaitu Maimunah. Dimana nama Maimun untuk istanya diberikan sebagai bentuk penghargaan untuk sang istri. Sedangkan pada versi lainnya menyebutkan bahwa Nama Maimun tersebut diambil dari sebuah kata dalam bahasa Arab. Yaitu kata Maimunah yang dalam bahasa Arab memiliki arti sebagai berkah atau rahmat.

Peninggalan dari Kesultanan Deli

Istana Maimun mulai dibangun pada tanggal 28 Agustus 1888 dan selesai pada tanggal 18 Mei 1891. Istana ini dibangun oleh Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah sebagai Sultan yang memerintah pada masa itu. Istana Maimun terdiri dari 3 lantai dan memiliki 30 ruangan di dalamnya. Dimana pada masing-masing ruangan memiliki fungsi yang berbeda, mulai dari ruang tamu kerajaan, ruang acara adat, dapur, gudang, dan lain sebagainya. Istana ini seringkali digunakan sebagai tempat pertunjukkan musik tradisional Melayu yang biasanya digelar untuk memeriahkan pesta perkawinan dan acara lainnya.

Baca Juga: Fakta Menarik Masjid Al Mashun yang Menjadi Ikon Kota Medan

Dipengaruhi Oleh Akulturasi Kebudayaan Berbagai Negara

Istana Maimun telah menjadi cagar budaya di Medan. Bangunan istana tersebut didesain oleh Ferari, seorang arsitektur yang berasal dari Itali. Bangunan istana tersebut memiliki arsitektur yang begitu indah dengan gaya dan karakter tradisional khas Melayu. Yang bisa dilihat dari penggunaan warna kuning keemasan yang sangat identik dengan etnis Melayu. Istana Maimun memiliki konsep yang unik pada bentuk maupun ornament-ornamennya. Yang mana dipengaruhi oleh berbagai kebudayaan mulai dari Melayu, Islam, Spanyol, China, India dan Itali.

Ada Meriam Puntung yang Melegenda

Dalam Istana Maimun Ada satu benda bersejarah yang menjadi daya tarik tersendiri dari istana tersebut. Yaitu sebuah meriam dengan nama Meriam Puntung yang diletakkan di dalam bangunan khusus. Meriam Puntung tersebut terletak di bagian samping istana. Yang mana menurut legenda dari masyarakat sekitar, Meriam Puntung merupakan penjelmaan dari adik Putri Hijau dari Kerajaan Deli Tua. Adik Putri Hijau tersebut bernama Mambang Khayali, ia kemudian berubah dan menjelma menjadi meriam. Hal tersebut dilakukan untuk mempertahankan istana dari serangan raja Aceh yang telah ditolak pinangannya oleh Putri Hijau.

Dapatkan pengalaman menarik dalam berwisata bersama Mobil Wisata Edukasi Entrepreneurship (Mowiee). Bersama Mowiee Anda akan diajak menjelajahi Kota Medan menikmati Panorama, budaya sejarah, mengunjungi sentra usaha home industry serta Education Entrepreneurship Center. Anda tertarik? Hubungi kami sekarang juga dan jangan lewatkan kesempatan terbaik bersama Mowiee.


Tags